Sabtu, 24 Oktober 2009

Crita Judul

Judul maksudnya jaman dulu.
Gak nyambung?
Iya tau kok :D

Cerita jaman dulu ada yang disebut sejarah, which bisa dibuktiin keberadaannya en bener-bener kejadian pada jaman dahulu kala. Kayak contonya, waktu kecil aku suka maen petak umpet. Persembunyian paling aman diatas poon, palagi kalo buahnya udah pada mateng :p
Ehem.. Itu adalah sejarah, bisa dibuktikan dengan kesaksian pemilik poon yang buahnya kuabisin hahaha....

Ada juga legenda. Legenda terjadi di suatu daerah tertentu, bisa juga disebut sejarah walopun kejadiannya cuman merupakan kepercayaan penduduk setempat kalo legenda itu pernah terjadi. Walo gitu, biasanya banyak juga yang nggak bisa masukin legenda ke dalam sejarah karena bukti-buktinya nggak terlalu kuat. Contonya, waktu aku kecil aku pernah jatoh ke kandang macan di kebon binatang. Itu cuman legenda karena kebenarannya nggak bisa dipercaya walopun kandang dan macannya bener-bener ada. Kidding :D

Yang terakir adalah dongeng. Dongeng adalah kejadian yang seratus persen cuman cerita. Nggak pernah terjadi.

Nah! Kalo Tangkuban Perahu, Roro Jonggrang, en tentunya Danao Toba, anehnya mreka disebut legenda. Padahal sejarah mbuktikan kejadian sebenernya dari tempet-tempet itu, bukan sebab en akibat dari kutuak-an (kutuk maksutnya). Akirnya, mau gak mau, sejarah malah jadi terlupaken en malah legenda yang lebih populer. Gak bisa dijadiin dongeng juga seh, soalnya tempetnya bener-bener ada.

Tapi lagi, ada dongeng yang jadi sejarah.
RomeJul! ( a.k.a Romlah en Juleha atawa Romeo en Juliet). Dua pasangan aneh yang populer di abad 18 ya?! Tauk ah. Mreka berdua jelas-jelas cuman dongeng. Tapi rumah RomeJul en kuburan mreka berdua bener-bener ada. Surprised? Gara-gara itu, banyak orang yang nggak begitu tahu tentang kebeneran status RomeJul mulei nganggep RomeJul adalah bagian sejarah kota Verona. Tapi, mreka cuma dongeng yang diidupin orang-orang Verona. RomeJul is never exist!!!

Trus ada legenda yang jadi sejarah.
Pasangan Paris en Helen. Pasangan yang bikin hancur 2 negara (versi laen dari Tristan&Isolde yang juga ngancurin 2 negara gara-gara affair mreka). Yah, aku nggak pernah percaya ma dewa-dewi. Si Helen yang anak dewa taw Paris yang dikasih hadian ma Hera bwatku bener-bener kayak dongeng. Tapi anehnya, dongeng itu ada dalam pelajaran sejarah waktu SMU. Sejarah harusnya kejadian yang bisa dibuktiin pernah terjadi pada jaman dulu kala kan?! Masa ada sih cowok yang digilai cewek seluruh dunia? (Gilaaaa!!!). Cewek yang direbutin seluruh dunia? Orang yang mati kalo kakinya luka? Lebih dari itu, peri?! They don't exist!!! Makanya, antara dongeng en sejarah saat itu jadi nge-blur.
Aneh!

Yakk!! Itu dia tadi Tristan en Isolde!!! Mreka adalah dongeng tentang dua orang yang ngancurin dua negara kayak Paris ma Helen. Tristan en Isolde mungkin gak seterkenal RomeJul ataw ParHel. Tapi kisah Tristan&Isolde bisa dibilang lebih tragis. Yang seru dari Tristan Isolde adalah nama mereka dipakai kapal tempur Minerva sbage nama sepasang meriam. Nah! Itu baru namanya Sejarah!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar